Cari Blog Ini

Memuat...

24/10/11

Tips merawat Vespa anda

vespa-service
Merawat Busi
Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.
Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.
Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.
Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.
Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.
Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.
Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.
Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.
Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.
Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
  1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
  2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.
Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.
Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.
Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.
Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.
Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.
Hal-hal yang menyebabkan busi mati
  1. Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
  2. Coil terlalu lemah
  3. Platina / CDI lemah
  4. Rendahnya kualitas Bensin
  5. Rendahnya kualitas Oli samping
Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.
JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.
Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan
MERAWAT BUSI SUPAYA AWET
Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.
langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.
Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :
1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.
Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.
Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.
Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.
Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
MERAWAT ACCU
Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.

Vespa 150 Sprint VS Vespa 150 Sprint Veloce

Lahirnya Vespa Sprint dalam medio dekade 1960’an sebagai salah satu varian scooter produksi Piaggio, terbilang cukup mencuri perhatian para scooterist di seluruh dunia. Dengan penampilan awal yang hampir menyerupai Vespa Grand Lux, Vespa 150 Sprint hadir seakan ingin melanjutkan semangat kebebasan generasi 1960’an kepada genarasi 1970’an dalam hal berkendaraan scooter tanpa harus kehilangan sentuhan stylish namun tangguh.
Hampir setiap sudut penampilan Vespa 150 Sprint diperbesar dari vespa umumnya keluaran dekade 1960’an (VNA/VNB/VBB/VBC). Memiliki ukuran ban lebih lebar (3.50X10”), box dikedua bagian kiri kanannya serta spakbor yang lebih besar dibandingkan vespa kelas super menjadikan scooter ini tampil lebih unggul dan gagah dibandingkan dengan sekelasnya (150cc).
Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat Vespa 150 Sprint seakan ingin menghidupkan kembali nuansa Vespa GL dalam bentuk lain di era 1970’an namun dengan harga yang terjangkau. Bahkan beberapa pendapat mengatakan bahwa vespa serie ini merupakan spec-drop dari Vespa GL.
Didukung oleh strategi pemasaran khas vespa, sepertinya Piaggio cukup berhasil dalam penjualan produksi vespa serie sprint, hal ini mengingat dalam variant tersebut sempat dikeluarkan dua jenis dimana keduanya memiliki perbedaan-perbedaan yang nyata dari segi penampilan maupun ketangguhan mesinnya.
Vespa 150 Sprint
Dikeluarkan pada tahun 1965 hingga 1974, Vespa 150 Sprint merupakan generasi awal dari serie ini. Menggunakan salah satu keluarga mesin klasik 145.55 cc dengan penambahan cukup signifikan dalam hal kekuatan yaitu melalui besaran daya angkut yang diselaraskan dengan kecepatannya.
Kerangka body Vespa 150 Sprint sama dengan produk untuk Vespa GL, namun dengan sentuhan warna baru yakni silver metalik. Di sayap (fender) bagian kanan tersemat kata Vespa Sprint tersusun miring dua baris dengan style italic handwritting terbuat dari sejenis campuran alumunium yang berefek kebiru-biruan. Begitupun halnya dengan kata dibagian belakang, tertulis 150 Sprint tersusun miring satu baris yang berbahan serta material sama seperti bagian depan dan terletak agak diatas lampu bagian belakang.
Terdapat striping lurus terbuat dari alumunium pada bagian spakbor depan, box bagasi dan box mesin yang sejajar di kiri kanannya. Dengan kunci stang berbentuk oval, Vespa 150 Sprint menggunakan 2 jenis jok sesuai dengan permintaan yaitu model jok (sadle) ganda (pengendara dan penumpang) berwarna biru tua maupun dan jok panjang (single-seater).
Adapun bagian-bagian yg berlapis krum adalah baut gagang rem depan dan gagang kopling, klakson, rumah lampu belakang, ring lampu depan, kunci stang, tutup kunci stang dan kunci tutup box bagasi. Lapisan berwarna seng terdapat pada bagian-bagian seperti standar, shock bagian depan, seluruh baut dan mur serta tutup bak kopling.
Sementara itu bagian yg beraksen posfor meliputi shock bagian belakang termasuk per, baut dan murnya, serta per bagian depan. Sentuhan metal halus terdapat pada bagian gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, kuku macan, jengger depan, selahan, kunci (pengkait) box mesin, gagang kran bensin, dan lis sayap depan. Bagian yg bernuansa stainless adalah rumah saklar dan lis karpet tengah yang terbuat dari karet.
Dengan stang (handlebar) model kotak seperti GL dan Super serta speedometer oval, adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 1001-VLB1T 1205477 dan nomor mesin di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot diawali dengan kode VLB1M. Bagian-bagian lain yg memiliki warna berkesan alumunium meliputi velg, tromol depan dan belakang, tutup kipas, fork depan. Sementara itu warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Vespa 150 Sprint Veloce
Diproduksi antara tahun 1969 hingga 1979 mesin Vespa Sprint 150 Veloce dirancang lebih dahsyat ketimbang Vespa 150 Sprint. Dimana salah satunya adalah dengan ditanamkannya karburator berukuran 20/20 dan saringan karburator yang diperbesar.
Perubahan lainnya adalah pada knalpot yg lebih besar sehingga menghasilkan suara berbeda dari serie sebelumnya. Dengan top speed mesin mencapai 97km/h, ukuran body Vespa 150 Sprint Veloce sama dengan Vespa 150 Sprint. Veloce memiliki model baru dalam bentuk lampu depan yang membulat dengan lingkaran 130mm dan dilindungi oleh ring lampu beraksen krum. Terdapat lampu kecil yang tersambung dengan lampu depan, berwarna hijau dikelilingi oleh ring alumunium di stang bagian atas speedometer.
Speedometerpun mengalami perubahan yang kontras dibandingkan dengan Vespa 150 Sprint. Speedometer veloce dirancang sama dengan model Vespa Super serie terakhir yang berbentuk lebih kecil (clamshell), mempunyai warna putih fascia dengan maximum angka tertera 120 km/h.
Sama halnya dengan Vespa 150 Sprint, veloce memiliki logo model baru yang berbentuk hexagonal (cung) tersematkan didepan mengganti logo P/ seperti serie vespa keluaran sebelumnya.
Dengan tidak menyertakan kembali striping alumunium yang terdapat pada spakbor depan dan box kiri-kanan. Pada awal produksinya, model handgrip veloce berwarna abu-abu terang dengan lambang Piaggio hexagonal didalamnya. Pada saat perjalanan produksi warna handgrip diganti hitam juga speedometer dan karet box kiri-kanannya.
Lampu belakang yang berbentuk kotak besar seakan menyembul dari body bagian belakang berwarna merah menyala dengan reflector menyatu didalamnya dan dilindungi oleh tutup yang terbuat dari bahan plastic pada bagian atasnya dengan warna senafas warna body.
Pada perkembangannya motif tulisan bagian depan dan belakangpun ikut berubah. Tulisan vespa bagian depan menggunakan font yang lebih tegas beraksen krum dimana setiap hurufnya seakan disatukan oleh plat yang berbintik halus dan berwarna hitam dengan posisi horizontal. Sementara itu pada bagian belakang tertulis vespa v. beraksen krum ter-emboss yang dibingkai dengan bentuk segi empat memanjang dimana dasar dari tulisan tersebut berwarna hitam berbintik halus dengan posisi horizontal. Adapun bahan dan material dari pada tulisan tersebut sama dengan serie sebelumnya.
Lapisan krum terdapat pada bagian-bagian yang antara lain ring lampu depan, tutup kunci stang dan kunci box bagasi. Lapisan beraksen seng terdapat pada bagian standar, shockbreaker dan per bagian depan, baut dan mur, dan tutup bak presneleng. Aksen phosfor menghiasi shock bagian belakang (termasuk per, baut dan mur), per standar dan mur baut bagian mesin. Kesan warna metal halus terdapat pada gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, jengger spakbor, selahan, kunci box mesin, kuku macan dan puteran kunci tangki. Sementara itu lapisan stainless terkesan pada rumah saklar dan lis karpet karet tengah.
Adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint Veloce terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 0150001-VLB1T 0368119. Pada perkembangannya seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada beberapa bagian sebagaimana tersebut diatas, nomor serial body pindah posisi ke sebelah kanan box mesin sama seperti produk-produk piaggio era 1980’an.
Namun demikian nomor mesin tetap berada di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot. Bagian lain yg memiliki warna alumunium adalah velg, tromol, tutup kipas, fork depan, dan warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Seiring dengan warna-warninya kehidupan generasi 1970’an yang dikenal dengan flower generation, Piaggio menangkap semangat ini melalui pengaplikasian warna-warna cerah dalam produk Vespa 150 Sprint Veloce. Apabila pada Vespa 150 Sprint hanya tersedia satu warna saja (silver metalik), tidak demikian halnya dengan Vespa 150 Sprint Veloce.
Veloce dari tahun ke tahun memiliki option warna yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut: 1969-1970 warna silver metalik, 1970-1971 biru, 1971-1972 metalik putih rembulan, 1972-1973 merah, 1973-1975 hijau ascot, 1975-1976 hijau valombrossa, 1976-1979 biru marine dan abu-abu polaris.
Head To Head
Berikut ini adalah perbedaan spesifikasi yang menyertai Vespa 150 Sprint dengan Vespa 150 Sprint Veloce:
  • engine: single cylinder, 2-stroke
  • cylinder: bore 57,0 mm
  • piston stroke: 57,0 mm
  • cubic capacity: 145.45 cc
  • bhp at rpm: 2/4800
  • lubrication: 2%
  • carburetor: Dell’Orto SHB 16/10
  • gears 4
  • chassis: one-piece metal pressing
  • Tank Capacity: 7,7litres (1.97 US gallons)
  • mileage: 2,1l/100Km (112mpg)
  • tires: 3.5 x 10″
  • weight: 89 kg (172lbs)
  • max. speed: 94 km/h (57mph)
  • Engine scheme: VLB1M
  • VIN scheme: VLB1T 1001-1205477
  • engine: single cylinder, 2-stroke
  • cylinder bore: 57 mm
  • piston stroke: 57 mm
  • cubic capacity: 145.45 cc
  • bhp at rpm: 8/5000
  • lubrication: 2%
  • carburetor: Dell’Orto SI 20/20
  • gears: 4
  • chassis: one-piece metal pressing
  • Tank Capacity: 7,7litres (2 US gallons)
  • mileage: 2,08l/100Km (113mpg)
  • tires: 2.75 x 9″
  • weight: 89 kg (178lbs)
  • max. speed: 97km/h (59mph)
  • VIN scheme: VLB1T 150001-368119
Kesimpulan
Dengan sentuhan menyerupai Vespa GL yang dimodifikasi sana-sini dari serie-serie vespa sebelumnya, maka kehadiran Vespa 150 Sprint maupun Vespa 150 Sprint Veloce telah memperkaya khazanah vespa baik di luar maupun di dalam negeri. Perubahan serta modifikasi itulah pada kelanjutannya menjadikan vespa serie sprint sebagai salah satu varian yang menjadi primadona produk Piaggio di era 1970’an dengan harga terjangkau dibandingkan dengan serie-serie khusus lainnya pada saat itu.
Saat ini serie sprint apabila dibandingkan dengan serie terjangkau lain yang seusianya (mis. Vespa Super) sedikit demi sedikit telah menghilang dari peredaran. Banyak peminat dari luar negeri yang menginginkan vespa serie tersebut dengan berbagai tambahan modifikasi untuk di re-export. Mengingat secara fisik sangat sesuai dengan postur kebanyakan orang-orang Eropa maupun Amerika. Tugas kitalah para scooterist di negeri tercinta ini untuk menjaga populasinya,
save our scooter bro…!. (dari berbagai sumber)

Vespa Tertua


Vespa 98 / 1946-1947
Tahun :1946 / 1947 VIN :V98
Nomor :01 / 18079
Produksi :18079 unit

Fork depan masih mengadopsi roda pesawat terbang dan berada di sebelah kiri ban depan (sekarang di sebelah kanan ban). Dengan kapasitas mesin 98 cc maksimal kecepatan hanya 75 km/jam, konsumsi bahan bakar 3 : 100 atau 3 liter buat 100 km, irit kan? Vespa 98 ini di produksi tahun 1946, sebagai cikal bakal model Vespa yang melegenda hingga sekarang. Pertama beredar, V98 sangat diminati oleh masyarakat karena harganya yang murah serta keamanan dan kenyamanannya. Di tahun berikutnya (1947) V98 di produksi dengan jumlah unit yang sama (18079 unit), dan hasilnya laris manis di pasaran.

Vespa 125 - 1948
Tahun :1948 / 1950
VIN :V1T - V15T
Nomor : 01 / 104096
Produksi : 104096 unit

Vespa 125 ini dibuat berdasarkan pendahulunya V98, yang terlihat berbeda adalah kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc dan shock depan berada di sebelah kanan. Bentuk body, stang dan head lamp masih mirip dengan V98. Melihat antusiasme masyarakat yang besar pada Vespa, V125 diproduksi hingga 104096 unit selama periode 1948 hingga 1950..

Vespa 125 Hoffmann - 1950
Vespa Hoffmann diproduksi antara tahu 1950 - 1954 di Jerman. Ini semua diawali saat pada tahu 1949, Piaggio setuju memberikan lisensi kepada Hoffmann untuk memproduksi dan memperdagangkan. Vespa 125 Hoffmann tidak hanya di perdagangkan di Jerman saja, tapi juga di Inggris dan Perancis. D Inggris di kenal dengan nama Vespa Douglass karena perjualannya di bawah lisensi Douglass dan di Perancis di bawah lisensi PACMA.

23/10/11

in memoriam MARCO SIMONCELLI

DUNIA OTOMOTIF BERDUKA
Pembalap Moto GP MARCO SIMONCELLI meninggal dunia saat bertanding di sirkuit Sepang Malaysia 23 Oktober 2011



Selamat Jalan mas bro....

Vespa NewPX 125 2011 is Back!

Setelah bertahun-tahun mengeluh, mengeluh dan bahkan mengemis kelompok Piaggio akhirnya cukup sadar dan memiliki akal sehat sehingga meluncurkan kembali Vespa PX yang sangat dicintai! Setelah terus mayoritas charachteristics lama yang membuatnya begitu populer serta sedikit perubahan untuk tetap up to date dengan kemajuan teknologi yang ada mereka akhirnya telah berhasil menemukan campuran yang sempurna.
Sukses lebih dari tiga dekade untuk bodywork berkat baja kokoh, desain kehandalan, retro dan kepraktisan, versi 2011 dari Vespa PX tersedia dalam empat warna, merah, hitam, putih dan merah. Konon jumlah nya akan dibatasi dalam produksi nya.
Seperti yang dapat Anda lihat fitur nya mungkin Anda langsung mengenali bentuknya dari Scooter Vespa PX, seperti tailight retro, ban serep praktis, perisai krom depan berbentuk ramping trim dan semuanya telah disimpan sementara perubahan kecil dengan bentuk kursi telah dibuat dengan kenyamanan pengendara dalam pikiran.
Vespa PX mempertahankan tubuh baja tradisional padat namun memiliki Euro baru dan ditingkatkan 3 mesin. Penutup kemudi telah ditingkatkan dan pelana dimodifikasi untuk menyediakan kenyamanan pengendara lebih.
Dengan 125cc silinder tunggal, dua stroke mesin dengan pendingin udara, pengapian CDI dan elektronik baik listrik dan starter menendang. Masalahnya sekarang adalah penggemar Vespa tanah air seperti nya harus bersabar menanti atau bahkan bisa jadi khawatir kehadiran salah satu seri “legend” ini sepertinya tidak ada tanda-tanda akan masuk ke Indonesia. Yah mari kita berharap dan berdoa.

TOKO VARIASI

Piaggio Belum Jual Variasi dan Apparel Khusus Vespa

Dua kali menggelar pameran di Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan Indonesia International Motor Show (IIMS), PT Piaggio Indonesia (PI) selalu memajang variasi dan berbagai apparel.

Variasi mulai dari windshield, boks bagasi tambahan hingga body guard dan boncengan khusus anak. Bahkan windshield ada pilihan yang tinggi dan pendek.

Sedang produk apparelnya didominasi kaos dan jacket. Beragam desain helm juga ditawarkan. Hampir semua helm tipe open face, ada yang dilengkapi visor dan tanpa visor.

Sayangnya semua perangkat pendukung gaya ini belum bisa ditebus. "Kita baru display saja. Kepastian kapan akan mulai dijual belum tahu," ungkap salah satu salesman Piaggio di IIMS 2011.

Ini karena hingga saat ini PT PI baru melakukan penjajakan di pasar Indonesia. "Kita lagi survei dulu utk mempelajari minat dari market," ungkap Sony Budiwasono, Marketing Manager, PT PI.

"Sejauh ini baik variasi maupun apparel banyak menarik minatdari pengunjung pameran," lanjut pria ramah ini. Wah, jadi enggak sabar nih! (motorplus-online.com)

Harga Vespa Naik

PT Piaggio Indonesia

Harga Vespa dan Piaggio Naik Rp 700 Ribuan


Belum lama meluncurkan skubek di tanah air, PT Piaggio Indonesia (PI) sudah menaikan harga jual. Kenaikan harganya berkisar Rp 700 ribuan untuk semua model.

"Ada penyesuaian harga untuk wilayah Jakarta. Harga ini berlaku mulai mulai tanggal 1 Oktober lalu," ungkap Sony Budiwasono, Marketing Manager, PT PI.

Piaggio Zip tanpa striping yang sebelumnya dijual Rp 12,9 juta kini jadi Rp 13,6 juta. Sedang yang pakai striping dijual Rp 14,1 naik sedikit dari harga lama yang hanya Rp 13,4 juta.

Piaggio Liberty 150ie juga mengalami hal yang sama. Kalau sebelumnya dilepas Rp 22,5 juta, kini dijual Rp 23,2 juta.

Sedang Vespa LX 125 karburator kini dijual Rp 23,7 juta naik dari harga lama yang cuma Rp 22,9 juta. Dan Vespa LX 150ie dijual Rp 25,6 juta, padahal hanya dilepas Rp 24,9 juta.

"Semua harga ini on the road Jakarta ya," ungkap Sony mengingatkan. So, jangan kaget ya dengan sodoran harga baru Piaggio. (motorplus-online.com)

PT PIAGGIO INDONESIA

Piaggio Indonesia Bakal Luncurkan Tiga Model Baru, Harga Lebih Terjangkau!


PT Piaggio Indonesia (PI) akhirnya terbentuk sekaligus resmi menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia. Sebagai langkah awal, PI akan meluncurkan tiga model baru di Indonesia.

Ketiga model ini adalah Piaggio Zip, Piaggio Liberty dan Vespa LX. "Piaggio Zip mewakili segmen entry level. Sedang Liberty dan Vespa LX mewakili segmen yang lebih tinggi," ungkap Sergio Mosca, Managing Director PT PI.  

Piaggio Zip hanya akan ada satu model. Tapi Piaggio Liberty ada dua model, Liberty 100cc dan Liberty 150cc dengan fuel injection.


Begitu juga dengan Vespa LX, ada dua versi. Ada Vespa LX 125 dan Vespa LX 150 dengan fuel injection. "Teknologi fuel injection menawarkan keunggulan yang lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar," jelas Sergio.

Uniknya, semua model yang didatangkan dari Vietnam ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau. "Kita tidak menawarkan harga yang murah tapi tetap mungkin untuk dilakukan pembelian," lanjutnya.

Harganya akan dilepas di kisaran Rp 12 sampai Rp 16 jutaan untuk Piaggio ZIP. Sedang Piaggio Liberty dan Vespa LX dilepas antara Rp 19 sampai Rp 25 jutaan! Tertarik? (motorplus-online.com)

19/10/11

THE PIAGGIO MUSEUM

The Piaggio Museum, a ride through Italian-made manufacturing

The Vespa and Gilera collections represent the core of the museum in Pontedera. Also other vehicles created by the renowned company are on display: from the ones created for the aviation and railway industry to the three-wheel Ape and related vehicles
16 February 2011
The Piaggio Museum in Pontedera, near Pisa celebrated its 10th anniversary last year. Opened on March 29 2000 in the former tooling department, one of the oldest areas of the complex, covering 3000 square meters of exhibition space. The Vespa and Gilera collections represent the core of the museum's assets, which also include other products by Piaggio, from the ones created for the aviation and railway industry to the three-wheel Ape and related vehicles.

Renovation works for the area chosen for the museum were based on a project by architects Dezzi Bardeschi, Andrea Bruno, Ugo Bruno and Avery Howe Agnelli. The area retained its original industrial architecture features and preserves and illustrates the history of a company which over its long existence – it was established in Sestri Ponente (Genoa) in 1884 by Rinaldo Piaggio – had a material role in Italy's economic history by designing and manufacturing all kinds of means of transport.
 
The museum's collection begins with pre-war production, before the Vespa was launched in 1946: in the forecourt visitors can admire the two-seater plane used for acrobatic training purposes P148, built in 1951; the MC2 railway engine built in 1954 and used by the railway company serving Calabria and Basilicata (1936), the first engine in Italy entirely made with stainless steel; the P VII (1934) and P XI (1938) engines built for the aviation industry.
 
As for personal mobility, the collection showcases the first three-wheel vehicle the Ape Cassone built in 1953 and designed for work purposes; the Ape Calessino of 1956, with doors and windscreen on the front; the Pentarò, i.e. the five-wheel Ape with trailer, along with the Ape TM 703 used by Paolo Brovelli and Giorgio Martino, two young people who used it to drive from Lisbon to Beijing, covering a distance of 25,000 km.
 
And the prototype for the first moped, dating back to 1955 and which came 12 years before the Ciao; the Vespa 400, a two-seater car in production from 1957 to 1961 in France; the Moscone, the “Vespa del mare” (the seaside Vespa) and finally the MP3 maxi-scooter with two wheels on the front .
 
The heart of the exhibition is the Vespa collection. The history of the symbol of Italy's post-war economic boom, an icon of Italian-made manufacturing and a fashion phenomenon, begins with the prototypes MP5, called “Paperino” built in 1944-45, and MP6, the first designed by the engineer Corradino D’Ascanio, who also designed the first modern helicopter.
 
The mass-production series consists of more than 140 versions, including the "first 98cc series" developed in April 1946 with a three-gearbox configuration a power of 3.5 HP and a maximum speed of 60 kmph; the Vespa 125 built in 1951, the U of 1953, the GS 150, first grand touring vehicle built in 1955; the 125 of 1958, the 50 of 1963, also known as the Vespino, the 90 Super Sprint of 1965, the models built in the Sixties (125 Primavera ET3, 200 Rally, P125X); the new generation launched in 1996 to celebrate the 50th anniversary: theET2 with a fuel-injection engine (the first scooter in the world with a two-stroke fuel injection engine) to the ET4 with a four-stroke engine to the more recent GTV, LX, GTS 250 and 300 built after 2000.
 
Rarities include record vehicles such as the Vespa Siluro and the Montlhéry; the racing limited-edition vehicles, like the Vespa 98 and 125 and the 125 Sei Giorni; the custom-built vehicle Alpha made for the film Dick Smart, Agente 2007 in 1967; the two versions for military use Vespa 150 T.A.P. made in the Fifties (for France) and the prototype the Vespa Militare 125 built in 1964 for the Italian Ministry of Defence.
 
And also a “huge” Vespa and a “Disguised” Vespa made for Viareggio's Carnival in 2007.
 
Finally, the “Vespa and art” collection which focuses on two Vespas bearing the signature of an artist – the Vespa Dalì built in 1962, and the Vespa PX designed by the artist Mino Trafeli in 2003 – along with the 14 ET4 models of the “VespArte” competition held in 2001 and a version reinterpreted by Ugo Nespolo.
 
The Piaggio Museum also includes Gilera, another historical 20th century brand: established in Arcore (in the Monza and Brianza areas) by Giuseppe Gilera in 1909, the motorcycle manufacturer was acquired by Piaggio in 1969.  
 
The collection includes a number of models, starting from the legendary VT 317.
 
Gilera's production in the 1920s and 1930s is showcased by the 350 Super Sport, the 500 VL Sei Giorni, the 500 VT Bitubo and the 500 Otto Bulloni. The venture of the Rondine begins in 1936. This was an adveneristic faired racing motorcycle with compressor and a four-cylinder engine with a displacement of 500cc, which one several international records. One of the most famous motorcycles in the world was made in 1940: the 500 Saturno Sport, designed by and manufactured in two versions up to 1958. The collection also features the Saturno Sanremo and Saturno Piuma racing models. The Saturno Cross and the 175 Regolarità were again manufactured in the Fifties. On the whole, before withdrawing from professional racing in 1957, Gilera won 44 world grand prixs.
 
The relaunch of the manufacturer then focuses on models with medium and medium-small displacement and a range of road and all-terrain vehicles. In the Eighties the company develops a new four-stroke one-cylinder engine with a double overhead camshaft which expresses itself to the max in the enduro motorcycle of the RC series, whose 750cc displacement version won the Paris-Dakar twice and also reached an "absolute” position at the Pharaon' Rally.
Gilera is back in the 250 motorcycle championship in 1992 and 1993 and wins in 2008 with Marco Simoncelli. The year 2001 marks its comeback in the 125 championship and Gilera wins with Manuel Poggiali. Mass-series manufacturing is moved to Pontedera in 1993, with a focus in the development of sports scooters like Runner, followed by Nexus 250 and 500 and Fuoco 500. 
 
The Piaggio Museum is part of a wider cultural project promoted by the Piaggio Foundation set up in 1994 by the president Giovanni Alberto Agnelli and supported by the Council and Provincial authorities. The Historical Archive “Antonella Bechi Piaggio" plays a preeminent role in terms of preserving and highlighting the history of the group and consists of 13 funds that hold the company's documentation from its origins to today: not just paper-based material, but also footage and photos, advertising campaigns, projects and technical drawings. Consisting of some 5,000 series and in continuous expansion, the Archive is available by appointment.

LATIN FLAIR

Last issue's lead feature links us to several threads as Piaggio's web sprawls across Europe, and we follow one of these time trails to another business back in England - even before Piaggio started!
Our mini-feature starts in 1882, with the founding of a company to manufacture boot-making appliances, and going on to produce its first motor cycle in 1907: Douglas.
This company's famous motor cycling exploits are more than adequately covered by many mainstream publications, so we have no need to concern ourselves in repeating the obvious.  Our interests are much more obscure, so we pick up the tale 44 years later, as Douglas entered into arrangements to build Vespa scooters under licence in the UK, the official launch of which took place in March 1951.  Douglas-built Vespas differed from their continental cousins in featuring British component fittings from Amal, BTH, Lucas, Wipac, and others.
Continuing its spread across Europe, in 1952 Piaggio founded a factory in Madrid in collaboration with the National Institute of Industry (INI), and John Llado (then CEO of Banco Urquijo).  MotoVespa SA was set up to manufacture scooters, and its first Spanish-built 125cc Vespas took to the streets in February 1953.
Douglas was taken over by The Westinghouse Brake & Signal Company late in 1956, and the production of its motor cycles concluded in March 1957, though Vespa assembly ran on to 1960, after which the business continued to act as import agent and market factors for Piaggio.
Vespino
1969 Vespino Tourist
In 1967, MotoVespa embarked on a new project to design a more economical product, and registered a Spanish patent for a new fan-cooled, automatic CVT engine (Continuously Variable Transmission), from which the Vespino was born on 19th February 1968.  The base moped model was the 'Tourist' with telescopic forks, then joined in 1970 by a cheaper 'Brisa' leading-link fork version, and 'Rally' sports-styled version of the 'Tourist'.  So, registered on 1st June 1973 as a Douglas/Vespa Vespino Tourist Rally, and 91 years from the start of our little tale, we finally arrive at the subject of our feature!
Vespino Tourist Rally
The styling looks pretty groovy in a period kind of way, and you have to give MotoVespa credit for taking the trouble to design some fashionable flair and character into their creation, at a time when many moped manufacturers were producing relatively soulless equivalents.  The sports styled 'Rally' catches the eye and is interesting enough to make you want to look at it in a little more detail.
There's a chunky decompressor lever under the twistgrip, and another chunky choke lever under the left-hand cluster.  Then you notice something rather odd - there appears to be a twist throttle on both sides!  On investigation, by cable operation, the left grip turns back for pedal mode, and forward to engage engine drive.
A Spanish Rinder 110mm headlamp houses a 40mph Veglia speedo, and with the Wipac rear lamp, confirms that this is a genuine UK market machine and not some dodgy grey import.  Tank badges wear the Piaggio logo, but carry the MotoVespa brand.  "Vespino" is printed on the back of the dual seat, but there's nowhere particularly obvious to locate any rear footrests if you wanted to, since there's not really any suitable mounting point at all on the right-hand belt side.  Having single-sided suspension, there's nothing at all on the left, which makes the rear wheel dead easy to get out - just four bolts on the hub.
Under the cowling
Flip back the plastic motor cowling on its sprung loaded hinge (that's neat), and check out the engine.  There's a Dell'orto SHA 14-12mm carb feeding into the crankcase, so that's rotary valve, with fan-cooling, and what appears to be an early Femsa electronic ignition package entombed in resin, hanging off the front right-hand side of the primary gear case.  Specifications rate output to 2.2bhp @ 4,700rpm, which might seem slightly inadequate for a '70s sports-styled moped, and our apprehension further mounts as we note the Douglas sales leaflet quotes max speed at 40km/h - er, that translates to around 24mph in real money!
The engine fires up with a typically continental flat crackle, but on pulling away, our worst fears are quickly realised.  Acceleration - nope!  Just a gradual building up of momentum, to a paced 24mph on the flat, with a matching 24 reading on the Veglia.  Best downhill paced at 31, with the Veglia agreeing again, then plodding up the incline on the other side at a laboured 21mph.  Performance on the flat is limited as the motor breaks into unpleasant bouts of 4-stroke phasing from 22mph due to inadequate porting, the only way to treat this being to back off the throttle.
Rear wheel
Brakes are good enough, but unlikely to be challenged by the disappointing performance, though the front drum creaks in operation.  The battery-less lighting generator outputs 6V at 28W, to manage no more than a dull shine with which to struggle your way slowly around the dark country lanes.  Ride and general handling is fine, but the sports styling would lead most riders to expect something that went appreciably better.  With introduction of the law limiting 16ers to mopeds from 1st August 1971, few teens would have been much impressed by the Vespino Rally, being left well behind as their mates rode off into the sunset on Fizzys.  Douglas must have been quite conscious of the Vespino's stunted performance when printing the UK sales leaflet, otherwise, why post a 40kph top speed for a bike with a mph speedo?  They probably hoped no-one would notice!
Though popular back home in Spain, Vespino Rally sales must have been as limited as its performance over here, this is the first UK version we've ever seen in the flesh.
With Piaggio's acquisition of Gilera in 1969, Douglas also became UK sales franchisee for that brand.
Douglas import licensing ended in mid 1982, concluding the names association with 2-wheelers.
Vespino leaflet   Vespino Tourist Rally
Next - Our next support feature starts with what might appear to be the most powerful machine we've tested to date, with a specification of 4 × Rolls-Royce Avon Mk524 turbojets delivering 10,500lbf each (total 42,000lbf), for a max speed of 500mph?  But Fly Me may not be what it may seems...

This article appeared in the October 2008 Iceni CAM Magazine.

PIAGGIO CLASSIC BIKES

Year Title Picture Description
0 Piaggio Boxer moped Piaggio Boxer moped
1953 1953 piaggio scooter, 125c piaggio scooter, 125c 1953 Along with lambretta the piaggio built vespa transported an entire generation of italians in the post war period...the hitherto humble scooter went on to become part of popular british youth culture and was a favourite transport of the fashion concious mods.......countless models and incarnations have been built over the years yet this beautiful early version really does encapsulate the italian style and charm of that bygone era from almost 60 years ago.
1968 1968 piaggio ape 500 piaggio ape 500 1968 175cc. the piaggio ape (pronounced ""ah-peh"" - italian for bee, vespa meaning ""wasp"") is a three-wheeled light commercial vehicle built by piaggio. the ape was first built in 1948. the vehicles comes in various configurations such as van, pickup and autorickshaw (tuk-tuk). the ape is produced in india by piaggio india, and a similar vehicle is manufactured by bajaj auto. the ape is a common sight in italy where its compact size allows it to navigate narrow city streets and park virtually anywhere. it's also often seen at the roadside where the load area is used as an impromptu market stall by farmers. the first apes were essentially 125cc or 150cc and more recently 175cc vespa scooters fitted with twin rear wheels and a load platform above them. later models added a cab around the driver. performance is suited to the job, with good torque for hills, but a low top speed (irrelevant in cities), and apes are customarily driven as close as possible to the curb to allow traffic to pass.
1968 1968 piaggio ciao 1° piaggio ciao 1° 1968
1969 1969 Piaggo Vespino 50cc Scooter 1969 Piaggo Vespino 50cc Scooter MotoVespa were looking for a scooter that they could sell at a cheap price and, in 1967, registered a Spanish patent for a CVT engine (Continuously Variable Transmission). The Vespino made its debut in 1968. British models were imported from the Vespa factory in Spain and assembled in Bristol.
1969 Vespino Rally Vespino Rally
1969 Piaggo Vespino Tourist Piaggo Vespino Tourist MotoVespa were looking for a scooter that they could sell at a cheap price and, in 1967, registered a Spanish patent for a CVT engine (Continuously Variable Transmission). The Vespino made its debut in 1968. British models were imported from the Vespa factory in Spain and assembled in Bristol. Image provided by www.buyvintage.co.uk.
If you have a classic bike worthy of our huge database, please email photos@classic-motorbikes.net
If you find a broken image or link, please let us know so we can fix it - problem@classic-motorbikes.net

18/10/11

ALAMAT PENGURUS DAERAH/PENGURUS CABANG IKATAN VESPA INDONESIA


Welcome to The Motorcycles ALAMAT PENGURUS DAERAH/PENGURUS CABANG IKATAN VESPA INDONESIA From Classic and Vintage Motorcycles, Classic MotorCycle, Victory Motorcycles. Free online source of Motorcycle videos, pictures, insurance ALAMAT PENGURUS DAERAH/PENGURUS CABANG IKATAN VESPA INDONESIA Manufacturer of motorcycles celebrating our motorcycling heritage.
Welcome to The Motorcycles. New ALAMAT PENGURUS DAERAH/PENGURUS CABANG IKATAN VESPA INDONESIA Below :

ALAMAT PENGURUS DAERAH/PENGURUS CABANG
IKATAN VESPA INDONESIA



NO PENGDA ALAMAT KETERANGAN PHONE
1 DKI Jakarta Komplek Bumi Nasio Indah Blok B-8 No. 6 Jati Mekar Pondok Gede - Bekasi Jawa Barat 17422 Iwan Nizwan 08161957257 / 081382615599
2 Jawa Barat Radio Tjandra FM. Jl. Ir. H. Juanda Km 3 Warung Batu Cianjur 43251 H. Ikhsan 081572954007 / 0263-9122774
3 Jawa Tengah Jl. Dr. Ismangil No. 6 Bongsari, Semarang Jawa Tengah Joko Tirtono, SH 081548898427 / 0298-311727
4 Jawa Timur Jl. Dieng no. 15 Ponorogo Jawa Timur Bayu Fax. 0352-488 245 08174144388
5 Lampung Jl. Hayam Wuruk No. 3 A (Tk. Vespa 69) Pasar Tugu Bandar Lampung Saleh 0811798757
6 Bengkulu Jl. Bhakti Husada Perum Gading Batara Permai Blok A No. 2 RT 9/3 Kel. Gading Cempaka Bengkulu Robby 081539349757
7 Banten Jl. Raya Tiga Raksa No. (Depan Puskesmas Cisoka) Cisoka Tangerang M. Munir 08568787017
8 Bekasi Jawa Barat Jl. Veteran No. 60 A Bekasi Selatan 17141 Jawa Barat Firman 08176332741
ALAMAT KORDINATOR WILAYAH
DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN VESPA INDONESIA
NO KORDINATOR WILAYAH ALAMAT KETERANGAN PHONE
1 NAD/Sumatera Utara Jl. Raimin No. 35 Binjai Sumatera Utara 20732 Drs. Supraitno 08126533957 / 061-8822965
2 Sumatera Barat Perumahan Pasir Putih Blok AA No. 8 Tabing Padang 25171 Zukri Hatta MM. M Kes 08163252469 / 0751-7056608
3 Riau Pekanbaru Ai Asesoris. Jl. Pepaya No. 45 A Pekanbaru Riau Astuputera 08127550719 / 081363736373
4 Jambi Jl. Sukasari No. 75 RT 39 Kelurahan The Hok, Jambi 36138 Z. Rangkuti 085266182004
5 Sumatera Selatan SMA Negeri I Lahat, Jl. Mayor Ruslan I Lahat Sumbagsel Muldan A Lui 08153880014/ 0731-322086
6 Sulawesi Jl. Bhayangkara No. 12 Sungguminasa Aziz 085299650890
7 Kalimantan Jl. Cepu no. 389 Komplek Pertamina Panorama, Balikpapan Kalimantan Timur Adhy Sanadhy 08125599996 / 0542-516637
8 Irian Jaya Jl. Setiapura No. 31 A RT 3/I, Jayapura 99111 Papua Rere Zamroni
No.REG NAMA CLUB SINGKATAN ALAMAT PROPINSI KONTAK PERSON
1
AYAMA VESPA CLUB
AVC
Jalan Condet Batu Ampar III Rt 07 Rw 04 No.11 Condet Jakarta Timur 13520
Jakarta Timur
# indra teguh : 081513342103
# adi gunaryadi : 081584419213
# purwoko (woko) : 08561648939
2
JAKARTA VESPA CLUB
JVC
Jl. WijayaTimur VI / 21 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Ronny (021)7232183
3
VESPA RACING CLUB
VRC
Jl. Utan Panjang III-8
Jakarta Pusat
Denny (021)7308965
4
KEMAYORAN SCOOTER CLUB
KSC
Komplek Bumi Nasio Indah Blok B8 No.6 Jati Mekar Pondok Gede 17422, Bekasi
Jawa Barat
Iwan KS (021) 84976742,
email : iwanivi@gmail.com
kscjakarta@yahoo.co.id
5
IKATAN VESPA SUKABUMI
IVSI
Jl.Taman Bahagia No, 16 RT.01/VII Kelurahan Benteng Kota Sukabumi
Jawa Barat
Jujun (0266) 244259
6
VESPA CLUB BOGOR
VCB
JI. TropI ID/BT-12 Bumi Menteng Asri Bogor
Jawa Barat
Dedi
7
GEROMBOLAN VESPA TG.PRIOK
GROVES
Jakarta Pusat
Joni
8
TANJUNG PRIOK SCOCTTER aUB
TSC
Jl. Raya Plumpang Semper No. 50 RT. 09/02
Jakarta Utara
Lilis (021) 4304535 / 081808511570
9
PENGGEMAR VESPA CLUB
PVC
Jl. Tawes No, 49 Rawamangun
Jakarta Timur
Ado : 08154042347
10
KING BLUES SCOOTER
KBS
Jl. Kalimalang Raya Blok. A No.1
Jakarta Timur
Bambang. P (021) 8645708
11
SCOOTER BATAVIA CLUB
SBC
Jl. Bumi Indah No.28 RT 014/09 Kb. Jeruk
Jakarta Barat
Suhari : (021) 5325780
12
SCOOTER MINI CLUB
SMC
Jl. Rama VII/6 Perumahan Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta Timur
Dody : 08129063369
13
MILANO SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Setiakawan No. 16 Pamulang-Tangerang
Banten
Tokis : 0856982^606
14
SCOOTER FANS CLUB
SFC
Jl. Gonseng Raya No.38 Cijantung
Jakarta Timur
Candra (021) 8708957
15
FATMAWATI VESPA CLUB
FVC
Jl. Abu Serin III/2 Cilandak
Jakarta Selatan
H.Ali (021) 7650244
16
IKATAN PENGENDARA SCOOTER CLUB
IPASCO
Jl. H.Syukur No. 28 Lenteng Agung
Jakarta Selatan
Agus BP : 081808174520
17
JAKARTA ITALIANO VESPA
JIV
Jl. Kenanga 1/161 Depok
Jawa Barat
Mahmudhi : 081572326545
18
KEMANG INDEPENDENT SCOOTER SOLIDARITY
KISS
Jl. Kemang Timur No.64
Jakarta Selatan
Yudi : 08888002209
19
MARSELA SCOOTER CLUB
MSC
Jl Manggarai Selatan I No.39 RT.002/010 Tebet
Jakarta Selatan
Heri : (021) 8355066
20
VESPA MONAS CLUB
VMC
Jl. Raya PondoK Gede Lubang Buaya No. 02 RT. 006/08 Toko Buku Baqal
Jakarta Timur
H.Kasmo : 08159987244
email: vespamonas@yahoo.com

21
SCOOTER SOLIDARITY CLUB
SSC
Jl. Ciledug Raya Gg.Mahasim No.41 RT. 02/01 Tangerang ,
Banten
Sulardi : 08159265657
22
CENGKARENG SCOOTER CLUB
CSC
Jl. Raya Kamal No. 1E RT 11/9 Depan Gg. Jenggot, Kel Tegal Alur, Cengkareng
Jakarta Barat
Heri : 0818 713847,021-5550367
23
PARADISE SCOOTER CLUB
PSC
Jl. Basi No.6 RT. 04/01 Selancau Wansari Bekasi
Jawa Barat
24
VESPA INTER CLUB
VIC
Gunadi,SH Pusdik Resintel Polri Cipayung Mega Mendung Blok E No.4 Bogor 16750
Jawa Barat
25
PRABU SCOOTER CLUB
PSC
Jl. Kran 1 No. 60 RT.04/06 Gunung Sahari Kemayoran
Jakarta Pusat
26
PAGUYUBAN VESPA SALATIGA
PAVESA
Jl. Tentara Pelajar No. 1A Salatiga
Jawa Tengah
27
VESPA CLUB SEMARANG
VCS
Jl. Benteng Raya No. 9 Semarang
Jawa Tengah
28
IKATAN SCOOTER SOLO
ISSO
JI. Parang Centel No. 11 Mangkuyudan
Jawa Tengah
29
JEPARA VESPA CLUB
JVC
Jl.Rata Bate Alit Km 6 Bawu Jepara
Jawa Tengah
30
VESPA INDEPENDENT CLUB KUDUS
VICK
Jl. Bhakti No. 479 Ds.Durian Kudus
Jawa Tengah
31
BATIK VESPA CLUB
BVC
Jl Jend.Sudirman No. 137/167 Pekalongan
Jawa Tengah
32
REMBANG BANGKIT SCOOTERCLUB
RBSC
Jl. BIora Km 2 (Kantor Depdikbud) Rembang
Jawa Tengah
33
IKATAN VESPA DEMAK
IVADE
Jl. Pemuda No. 87 Demak
Jawa Tengah
34
BAHARI SCOOTER CLUB
BSC
Jl. S.Parman No.5 Tegal
Jawa Tengah
35
IKATAN MODIFIKASI MOTOR VESPA
IMMOV
Jl. A. Yani No. 9 Slawi
Jawa Tengah
36
PAGUYUBAN SCOOTER SRAGEN
PASS
Jl. AIPDA Ks.Tubun No. 36 Ringin Anom Sragen
Jawa Tengah
37
PAGUYUBAN SCOOTER KLATEN
PASTEN
Jl. Dr.Wahidin Sudiro Husodo No.9 Klaten
Jawa Tengah
38
SCOOTER FANS CLUB BUMIAYU
SFAC
Jl. Kombas No.82 C Purwokerto
Jawa Tengah
Purwanto : 081327053007
39
PAGUYUBAN PENGGEMAR VESPA INDONESIA
PPVI
Jl. Cempaka V No. 25A Bintaro
Jakarta Selatan
40
NUSAKAMBANGAN SCOOTER CLUB
NSSC
Jl. Jend.Sudirman No. 32 Cilacap
Jawa Tengah
41
VESPA CLUB TEMANGGUNG
VCT
Jl. Subagyo V/67 Temanggung
Jawa Tengah
42
MAGELANG VESPA CLUB
MVC
Jl. Beringin III/No.46 Magelang
Jawa Tengah
43
SATRIA VESPA RECING PURWOKERTO
SVR
Jl. Dr. Angka No. 13 Purvrokerto
Jawa Tengah
44
SCOOTER FANS CLUB BANYUMAS
SFAC
Jl. Karang Sawah No.209 Banyumas 533192
Jawa Tengah
45
MATARAM SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Minggiran No, 56 Yogyakarta
DI Yogyakarta
46
PATI SCOOTER CLUB
PSC
Jl. Wahid Hasyim No.9 Pati
Jawa Tengah
47
VESPA MANIA KROYA
VMK
JI. Lettu Suprapto No.l Kroya 53282
Jawa Tengah
48
IKATAN VESPA WONOSOBO
IVW
Jl. Sirandau RT. 04/01 Wonosobo
Jawa Tengah
49
SCOOTER MOTOR GUNUNG KIDUL
SMOG
Jl. Siyono Kidul Logandeng Playen Wonosari
DI Yogyakarta
50
SCOOTER BRALING CLUB
SBC
Jl. Wiraguna No.l Purbalingga 53313
Jawa Tengah
Kabul : 892467/758136/895705
51
MANIA SCOOTER SRAGEN
MASCOOT
Jl. WR Supratman 1613 Kuten Sragen
Jawa Tengah
52
PAGUYUBAN PENGGEMAR SCOOTER SOLO
PPSS
Jl. Soka No.314 Badran Solo
Jawa Tengah
53
PARAHIYANGAN INDEPENDENT SCOOT ASSC
PISA
Komplek Taman Bukit Cibogo Blok. A6/1 Leuwi Gajah Cimahi Bandung 46532
Jawa Barat
Dedy : (022) 6671805
54
VESPA BUDAK BANTEN
VBB
Jl. Nusantara V Blok DII/2A Komp.Ciceriu Permi III Serang
Banten
Gofar : 081519860959
55
PONOROGO INDEPENDENT SCOOTER ASSOCIATION
PISA
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 108 Ponorogo
Jawa Timur
Imam Widodo : 08125925583
56
VESPA INTER CLUB
VIC
Jl. Kutilang D-28 RT. 01/04 Jakamulya Bekasi
Jawa Barat
57
MANIA VESPA BOGOR
MVB
Jl. Raya Cibanteng RT. 03/05 Ciampea Bogor 1160
Jawa Barat
Nata : 08569081348
58
SCOOTER OWNER CLUB CIPANAS
SOCC
JI. Raya Pacet KM 20 Cipanas Cianjur
Jawa Barat
H.Odang : 08176673388
59
IKATAN VESPA CIANJUR
IVEC
Radio Tjandra 31. Dr. Muwardi KM 03 Panembong Cianjur
Jawa Barat
fchsan : 081572954007
60
PURWAKARTA SCOOTER CLUB
PSC
Jl. RE Martadinata No.447 c (JLTengah) Purwakarta
Jawa Barat
Lambret :(0264) 205462
61
VESPA KARAWANG CLUB
VKC
Jl. Suroto Kunto KM 7 Karawang
Jawa Barat
Tholib : (0267) 433721
62
BEKASI OTOMOTIF SCOOTER CLUB
BOSC
JL Veteran No. 60 B Bekasi
Jawa Barat
Prayftno : (021) 8841002
63
VESPA DEPOK CLUB
VDC
Jl. Rokan II No. 149 Blok XVII DepokTimur
Jawa Barat
Yoga : (021) 7701762
64
FANATIS YESPA CLUB BEKASI
FVC-B
Jl. Diponegoro Gg. Karya Logam No.19 Tambun Bekasi
Jawa Barat
65
IKATAN SCOOTER CILEGON
ISC
JI. DI Panjaitan No.4 Pagebangan CiIegon
Banten
66
VESPA TANGERANG ClUB/BUDAVES
VTC
Jl. KH.Hasyim Ashari Gg.Amer II RT 003/06 Poris Plawad Tangerang
Banten
67
CIKAMPEK SCOOTER CLUB
CSC
Jl. A.Yani 15 PGM d/a Bpk Wilby Cikampek
Jawa Barat
Engkos: 08 13 18413077
68
SCOOTER ANTIQUE DEPOK
SCAD
Jl Srimpi III/317 Depok ll Tengah
Jawa Barat
69
SCOOTER BANTEN CLUB
SBC
Komplek Gemilangsari D.II/No.166 Cinanggung Serang
Banten
Ibes : 08129463636
70
VESPA OWNER CIREBON
VOC
Jl. Pangeran Drajat Gg.Inpres I RT.09/07 No. 15 Kel.Drajat Cirebon
Jawa Barat
Suhendi : (0231) 231458
71
MARGONDA VESPA CLUB
MVC
Jl. Citayam Raya No. 15. 28 Depok
Jawa Barat
72
SCOOTER CLUB CITEREUP
SCUCI
Jl. Karang sem Barat No. I RT.16/02 Citeureup Bogor
Jawa Barat
Mono : (021) 87942798
73
BEKASI SCOOTER CLUB
BSC
Jl. H. Agus Salim No.89 Bekasi
Jawa Barat
74
BULDOG VESPA CLUB/KIVAS
BVC
Jl. KH. Amin Jasuta No.277 Serang
Banten
Indra : (0254) 211664
75
SCOOTER OWNER CLUB BALARAJA
SOC-B
Jl. Raya Kresek KM.l Balaraja 15610
Banten
76
FANS ANTIQUE SCOOTER TEAM
FAST
Jl. Perum PJKA No.24 Komp.Pada Suka Indah
Jawa Barat
Edi : 08172377392
77
SCOOTER SURABAYA CLUB
SSC
Jl. Joyoboyo/Padmo Susastro No.14 B Surabaya
Jawa Timur
78
CREATIFE VESPA SURABAYA
CREVAS
Jl. Pucangadi No.31 Surabaya Timur
Jawa Timur
79
SON PROMO
-
Jl. Raya Karang Tengah No.02 Lebak Bulus
Jakarta Selatan
Adit : (021) 7508225
80
MALANG VESPA CLUB
MALVES
Jl. Terusan Ijen Mo. 14 Malang 65116
Jawa Timur
81
CHICAGO VESPA CLUB
CVC
Jl. Lamong Rejo No.100 Lamongan
Jawa Timur
82
NDEREK SCOOTER TEAM BANGIL
NST-B
Jl. Pandean No. 663 Bangil
Jawa Timur
83
BANYUWANGI SCOOTER CLUB
BSC
Jl. Basuki Rahmat No. 61 (Restoran Wina) Banyuwangi
Jawa Timur
84
VESPA ANTIQUE CLUB - LAMPUNG
VAC- L
Perum Tanjung Raya Permai A-6 No.29/30 31. Ratu Dibatau Tanjung Senang
Lampung
85
VESPA OWNER CLUB - LAMPUNG
VOC-L
Jl. Dr. Harun I No.44 Kota BaruTanjung Karang Timur
Lampung
Sidik : (0721) 470918
86
SCOOTER BANDAR LAMPUNG
SBL
Jl.M.Yunus No.20 RT. 03/04 LK I Tanjung
Lampung
0817 930933
87
TANGGAMUS SCOOTER CLUB-LAMPUNG
TSC-L
Jl.Talang Padang Pasar Toko Los C B;ol HI/4
Lampung
Wisman (0729) 41880
88
PENGGEMAR VESPA PALEMBANG
PVP
Jl. Angkatan 66 Lorong Jambu Palembang
Sumatera Selatan
Wawan(0711) 820.636
89
RAFLESIA VESPA CLUB
RVC
Jl. Cempaka VI No.355 RT.6 Kebun Beler
Bengkulu
Robi : 081539349757
90
JAMBI SCOOTER CLUB
JSC
Jl. Raden Manuk No.13 RT 03 Jambi 36141
Jambi
91
IKATAN VESPA BATAM-BARELANG
IVB
Komp.Taman Nagoya Indah Blok M No.7 Nagoya Batam
Batam
92
NUSANTARA SCOOTER CLUB-BALI
NSC-B
Jl. .Dr Sutomo No. 77 B Denpasar
Baii
93
GABUNGAN ANAK SCOOTER
GAS
Jl. Moch Kahfi I No.35 RT10/6 Jagakarsa
Jakarta Sdatan
94
MEDAN SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Rajawali No.44 Medan
Sumatera Utara
95
SCOOTER ADVENTURE CLUB
SAC
Jl. RayaTanah Baru 7 Bogor
Jawa Barat
Dadang : 08128706673
96
SCOOTER TASIKMALAYA CLUB
STC
Jl. Ampera No.4 Tasikmalaya
Jawa Barat
Dadang ; (0265) 342551
97
PALEMBANG FANS CLUB
PFC
Jl. Angkatan 45 No. 2250 J Palembang Barat
Sumatera Selatan
0816384004/0827111744
98
LAUTAN VESPA CLUB
LVC
Jl. Cilandak H/79 Fatmawati
Jakarta Sdatan
M.Lautan.SH (021)7512860
99
PAGUYUBAN VESPA RAJAWALI-LAMPUNG
PVR
JI.Dr Sam Ratulangi No. 158 Gedong Air Tj.Karang Barat
Lampung
Edi: 081 1724741
100
VESPA WARISAN BABE
VWB
Jl. Mawar Merah 11/48 RT. 005/01 Kel.Pd.Kopi Duren Sawit
Jakarta Timur
Adi : 085691338593
101
PAGUYUBAN SCOOTER CILEGON
PSC
JI Merapi No.3 Kav. Blok F Ciwaduk Cilegon 421415
Banten
Mahdi Masbullah (0254) 380152
102
LAMONGAN VESPA CLUB
LVC
Jl. Chairul Huda No.6 Lamongan
Jawa Timur
Nunggal (0322) 323421
103
PIAGGIO RAINCITY CLUB
PRC
Jl. Kemang 2 Blok E No. 27 Komplek IPB Alam Sinar Sari, Darmaga Bogor
Jawa Barat
Ridobrown 0251-8620315, 08561406181, email: ridobrown@gmail.com , http://ridobrown.co.cc
104
BINJAI ITALIAN SCOOTER
BIS
Jl.Raimin No.25 Binjai 20372
Sumatera Utara
Yitno : 08126533957
105
SCOOTER TOURING MANIA JAKARTA
STMJ
Jl Bintara Raya I No. 15 RT 002/03 Kelurahan Bintara Bekasi Barat
Jawa Barat
Heru : 081311404007
106
VESPA LAMPUNG BARAT CLUB
VLBC
Jl. Raden Intan No.44 Ciwa Barat
Lampung
0728-21263/21683
107
SCOOTER CLUB DEPOK
SCD
Jl. Pindahan II No.35 Rt04/Rw10 Pancoran mas, Kota Depok Telp.021-77201231
Jawa Barat
Budi Santoso: 0818.493.773, email: wbsmayo@yahoo.com
Budi_mayo@yahoo.co.id
Hasdi : 081.5999.6360
Imam Hanafi : 081.5960.4738
Darmasto: 0818.936.516
108
SETIA VESPA CLUB
svc
Jl. Akses UI No, 3 Kelapa Dua Depok
Jawa Barat
Tauffc : 08161363929
109
MITRA SCOOTER CLUB -MAGETAN
MSC-M
Jl. Kasianto No. 140 Gorang Gareng Magetan 63382
Jawa Tlmur
110
DELTA SCOOTER CLUB
DSC
JLRaya Yon Zikon XIV No. 5 Kd Pos 12640
Jakarta Selatan
111
VESPA BUM I SERPONG DAMAI
VBSD
Jl. Raya Serpong Cilenggang I Serpong Tangerang
Banten
Heru : (021) 5378461/5387723
112
DUMAI VESPA CLUB
DVC
Jl. Sultan Syarif Kasim No. 270 Dumai
Riau
Sondang Raja : (0765) 34853
113
GABUNGAN REMAJA SCOOTER SERANG
GRESS
Jl. Jend.Sudirman Ciceri Jaya No. 38 Serang
Banten
Rahmat : (0254) 207893
114
SCOOTER ANAK RANTAU
SAR
Jl. Merpati Mas III-B V/II Tj.Barat
Jakarta Sdatan
Asli Medri (021)7802379
115
CENDRAWASIH SCOOTER CLUB SORONG
CSC-S
Jl. Basuki Rahmat Km 8560 No.8B - Sorong
Papua
116
PAMULANG SCOOTER. CLUB
PSC-12801
Jl. Bratasena VI BC. 6/6 Perumahan Reni Jaya Pamulang Tangerang 15416
Banten
Ali Omboh : 08888192660/(021)7490317
117
JONGGOL ORIGINAL SCOOTER
JOS
Jl. Raya Jonggol KM 12 Restoran San Priangan Bogor
Jawa Barat
Saful : (021) 89933010
118
SERUMPUN SCOOTER BLITAR
SCROOB
Jl. Kenari No.127 Blitar
Jawa Timur
Rahendra (0342) 807045
119
JEMBER SCOOTER CLUB
JSC
Jl. Gajah Mada XIX No. 140 Jember
Jawa Timur
Oni : 081336234040
120
SCOOTER MADIUN CLUB
SMC
Jl. Wjjaya Gg. I/II Madiun
Jawa Timur
121
SRENGAT SCOOTER CLUB
SSC
Jl. Kamboja 18 Srengat Blitar
Jawa Timur
H.Abd. Ha mid (0342)551134
122
METRO SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Cut Nya Dien Gg.Mekarsari 15 B Barat RT. 04/01 Kota Metro
Lampung
Sutopo : (0725)551296
123
SELERO FANS SCOOTER
SFC
Jl. Sentosa No. 17 RT. 08/02 Jl. Lahat
Sumatera Selatan
DwiYono (073 1)325641
124
JUNIOR HALIANO VESPA
JIV
JI. MS Batu Bara Gg.Melati I Kupang TebaTeluk Betung
Lampung
Susanto( 0721) 473227
125
PALAPA VESPA CLUB/SATAN SOUL SCOOTER
PVC/SSS
Jl. Ratu Dibalai Ho. 122 Way Kandis Sukarame Bd.Lampung
Lampung
Arya Darma : (0721) 704294
126
LAMPUNG INDIAN SCOOTER
LIS
Jl. Imam Bonjol No. 203 Gedung Air
Lampung
Edi Suprapto (0721) 788393
127
SATELIT VESPA CLUB
SVC
Jl. KH Mas Mansyur No. 80 Rawa Laut
Lampung
Suprapto (0721) 257146
128
PRINGSEWU INDEPENDENT SCOOTER
PISA
Jl. A. Yani Pringsewu No. 11/70
Lampung
Hari: (0721) 22789
129
PAGUYUBAN SCOOTER PAGELARAN
PSP
Jl. Raya Pagelaran No. 55/73 Ps. Panutan Pagelaran
Lampung
130
SCOOTER BIKER CLUB
SBC
Jl. Serma Tarmini Rahman No. 179 Rawa Kalianda
Lampung
Azwar: (0727)21769
131
BANJAR JAYA SCOOTER CLUB
BSC
Jawa Tengah
132
IPASCO KUDUS

Jl. Garung Lor RT 01/03 Kaliwungu Kudus
Jawa Tengah
133
SAFARI VESPA CLUB PADANG
SVC
Jl. Gajah Mada No. 14 Padang
Sumatera Barat
Jukri: 08163252469
134
ITALIANO BIKER ANTIQUE TEAM CLUB
IBATC
Jl. Perum Peruri Kelana G-13 Way Halim
Lampung
Raymon (0721)786219
135
KEBUMEN VESPA CLUB
KVC
Jalan Pahlawan No. 14 Kebumen
Jawa Tengah
Cipto/Yatno (Ye-Te) (0287)5507552
136
PURWOREJO SCOOTER CLUB
PSC
Jl. Kiai Brengkel Purworejo 54111
Jawa Tengah
137
MANIA TIGARAKSA CLUB
MTC
Jl. Raya Serang KM 21 Cibadak Tangerang
Banten
Ismail:(021) 59400463
138
KEMANG SCOOTER TEAM
KST
Jl. Puri Sakti I/21 RT 02/07 Cipete Selatan
Jakarta Selatan
Madun : (021) 75818050
139
SCOOTER TARAKAN CLUB
STC
Jl. P. Irian RT 02 No. 89 Tarakan
Kalimantan Timur
M. Yunus Kobar: 0551-33082
140
DELIGHT VESPA CLUB
DVC

Boncu: 081321572940
141
SCOOTER UJUNG BANTEN
SUB
Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Labuan
Banten
Enjat: 081282233150
142
SCOOTER FANS CLUB CISOKA
SFCC
Jl. Raya Tigaraksa No. 56 Kec. Cisola Tangerang 15730
Banten
Munik: (021) 5952557
143
PALEMBANG INDEPENDENT SUPER SCOOTER
PISS
Jl. Trikora LR Rindu No. 13 10 Palembang 30137
Sumatera Selatan
Ucok : (0711) 366454
144
PANGANDARAN SCOOTER ASSOCIATION
PASCA
Jl. Raya Babakan KM 2 Bengkel Rod Pangandaran 46396 Ciamis
Jawa Barat
Soni : 08132302908
145
ACEH TAMIANG SCOOTER CLUB
ATSC
JI Tanjung Karang No. 13 Kuala Simpang Aceh
Banda Aceh
Adi Blak : 08126501053
146
GENERASI HOBBY SCOOTER CLUB
GHOST
JlRaya Harapan Kita No.2 Perum Harapan Kita KarawiTangerang
Banten
Adis : 08129876532
147
SAMARINDA VESPA CLUB
SVC
Jl. Gatot Subroto No. 10 Samarinda
Kalimantan
Sukaryo :(0541) 734747
148
MANADG SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Arnold Monutu No. 9 Wanea Manado 95177
Sulawesi
Mkhel : 081356025579
149
BANJARMASIN VESPA CLUB
BVC
Jl. Kp.Melayu Darat IAIN RT. 12 No.6 Banjarmasin
Kalimantan Selatan
Ipan (0511)65102/2171365
150
MAKASAR PX 777 CLUB




151
IKATAN MOTOR ANTIK SCOOTER
IMASCO
Jl. P.Diponegoro No. 76 Pangkalan Bun
Kalimantan Tengah
Iwan : 08125074722
152
BRANDAN SCOOTER CLUB
BRASC
Jl. Besitang No : 39 Samp. As. POM Pangkalan Brandan Langkat
Sumatra Utara
Mayor : 081361192745
153
VESPA WONK CIREBON
VWC
Jl Harapan No. 17 RT.05/05 Kosambi Qrebon 45133
Jawa Barat
154
SCOOTER RACING CIREBON
SRC
Jl. Pangeran Drajat Gg.Karang Mulya IV No.216 RT. 05/02 Cirebon
Jawa Barat
Anang : 08156234689
155
BRIGADE VESPA JOMBANG
BRIVES
Jl. Gubernur Suryo Gg. VI/31 Jombang
Jawa Timur
Hari Suwarno (0321) 866624
156
MEKARSARI VESPA CLUB
MVC
Jawa Barat
157
SURABAYA METROPOLIS SCOOTER
SMS
Jl. Jayabaya No.76 Surabaya 60242
Jawa Timur
Ngatuwin (031) 5613268
158
LANGSA SCOOTER CLUB
LSC
Jl. T. Chikditunong No.19 Kota Langsa NAD
DI Aceh
Ucok : 081361389745
159
PENGGILINGAN SCOOTER
PS
Bengkel Pagoto Jl. Penggilingan Raya
Jawa Barat
160
SCOOTER OTOMOTIF BENGKULU
SOB
JL Salim Batu Bara No.49 RT. 08 Kelurahan Tengan Padang Bengkulu 38118
Bengkulu
Dayat : (0736) 342061
161
KUNINGAN INDEPENDENTS SCOOTER
KIS
Jawa Barat
Heri Han : 081324204508
162
DEPOK VESPA CLUB CILODONG
DVC-C
Jl. Raya Bogor No.15 KM 39 Cilodong Depok
Jawa Barat
Nenek: 081539232610
163
SCOOTER WINGS ADVENTURE TEAM
SWAT
Jl. Syeh Quro No.15 RT 04/04 Lamaran Plumbonsari Karawang
Jawa Barat
Amung : 081311158515
164
HIMPUNAN INSAN VESPA
HIV
Kp. Rawa Tua RT.Ql/09 Desa Mekarsari Karawang 41374
Jawa Barat
Urip Bima : 081316371975
165
BLORA VESPA OWNERS
BLOVESO
Jl. R.A. Kartini Blora
Jawa Timur
0296-53 1407/081156579343
166
CHUBBY JAKARTA



Bonny
167
KEDIRI SCOOTER. CLUB
KSC
Jl. Wilis Tama VI/42 Perum.Wqilis Indah I Kediri
Jawa Tengah
03 54-773857/08 1234983 56
168
MAHAKAM SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Danau Toba No. 22 RT.XXII Mahakam
Kalimantan
(0541) 204391
169
SCOOTER BOJONEGORO
SCOOB


170
SCOOTER FANS CLUB BANDUNG
SFC
Babakan Jati Mulya III RT.03/02 Bumuruh Bandung
Jawa Barat
Angga : 08562126225
171
VESPA ITAL1ANO KRAKATAU CLUB
VIKC
JI. KH. Samsul No. 90 Kav. V Cilegon
Banten
Eko : 08176495604
172
SCOOTER FANS CLUB PADANG
SFC
Jl. Belakang Olo No. S3 Padang
Sumatera Barat
173 FAMILY SCOOTER FASCO
Jl. Raya Setu/H.Karim RT. 005/05 No, 16 Kode Pos 13880
Jakarta Timur
1.sekretariat Dgn Bpk Arif Bastian di 021 84978248
2. Ketua Umum Bpk Somad / Caing 081386305222/ 021 93794706
3.Ketan: Iwan Peking 08159710678
174
PLERED SCOOTER CLUB
PSC


175
SMART SCOOTER MOTOART
SMART
Jl. Cabe III No.2 RT.04/06 Pd.Cabe Ciputat Tangerang
Banten
Jotoo-S :(021) 7429384
176
BEKASI SCOOTER FAMILI
B"SCOFA
Komp.PU Blok l No. 19 Bantar Gebang Bekasi
Jawa Barat
Joko Bromo: (021) 9139150
177
VESPA TEAM MOTOR
VTM
Kp. Sala Cau Batu Jajar Bandung 40561
Jawa Barat
Kamal : 081321630616
178
SOCBRIKER VESPA CLUB PLUS
SVCP
Jl. Melur No.9 Markas AsykarTheking Pekan Baru Riau


179
JAMBI SCOOTER CLUB MUARA BUNCO
JSC
Jl. Sapta Marga RT04/2 Mo. 175 Sai Pinangg Muara Bungo
Jambi
VedriYani : (0747)321358
180
SCOOTER KUTARAJA CLUB
SKC
Jl. Panglima Polim No. 138 Banda Aceh
DI Aceh
Basri: 085260062931
181
BULAN OWNERS SCOOTER
BOS
Jl. Rebab No.33 Titirante Medan 20156
Sumatera Utara
Ocy (061) 77401976, e-mail: bulan_owners_scooter@yahoo.co.id
182
RENGAT VESPA CLUB PLUS
RVCP
Jl. Aski Aris Gg.Lestari No.01 Rengat
Sumatera Selatan
VeryQalbi : 081365720404
183
VESPA CLUB BANDUNG
VCB
Jl. RayaCiwastra No.335 Bandung
Jawa Barat
Usep : 081809000006
184
MODIFIKASI SCOOTER CURUP
MOSC
Jl. Batu Galing No.38 RT.01/I Kal. Talang Rimba Lama Curup Bengkulu 39114
Bengkulu
lyan (0732) 22409
185
ADIPURA JAMBI SCOOTER
AJS
Jl. Soekarno Hatta Simpang Tugu Adipura No. 37 RT.03 Kel.Pasir Putih Jambi
Jambi
ZaenalArifin : (0741)572537
186
BUKIT TINGGI MOTOR SCOOTER CLUB
BMSC
Jl. Prof. Dr Hamka No. 27 B Bukit Tinggi
Sumatera Barat
Al Fitri :(0752) 640156
187
BROTHER CLUB SCOOTER JAMBI
BROCLUSC
Jl. MH.Thamrin No.33 RT 12/RW 04 Kel. Beringin Pasar
Jambi
Ronni
188
PRABUMULIH SCOOTER CLUB
PSC
Jl. Jambu No. 244 A Comperta Prabumulih 31122
Sumatera Selatan
Dodi: (0713)383117
189
SCOOTER CLUB KERTOSONO
SECKER
Jl. Dewi Sartika No.14 Banaran Kertosono
Jawa Timur
Suprayitno (0358) 552272
190
MAKASSAR SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Maccini Tengah No. 16 B Makassar
Sulawesi Seiatan
Muhadir(411) 449707
191
PAGUYUBAN VESPA MAGETAN
PAVESTAN
Jl. Diponegoro No. 22 Magetan
Jawa Tengah
Wardiyono (0351) 891795
192
SCOOTER PARAHYANGAN CLUB
SPAC
Jl. Raya Timur Belakang No. 489 Padalarang Bandung 40553
Jawa Barat
Yan : (022) 91 146443
193
BANDUNG IMORTAL SCOOTER
BIS
Jl. Sandang No.36 RT.03/ll CinunukCileunyi Bandung
Jawa Barat
Buyung : (022)7813507
194
BARUDAK VESPA BANDUNG
BAVES
Jawa Barat
Joko : 081320171371
195
SCOOTER LAMPUNG TIMUR
SELAT
Jl. Way Jepara Lampung Timur
Lampung
196
SCOOTER PEKALONGAN CLUB
SPC
Jl. Raya Pekalongan 30A No.29 Pekalongan Lampung Timur 34191
Lampung
197
VESPA GANESA
VEGAS
Jl. KH. Dwantoro No. 108 Kampus ISA Metro
Lampung
198
SCOOTER CLASSIC LAMPUNG
SCALA
Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 57/32 Penengahan
Lampung
Kami : 085269333444
199
GREAT GIANTMOTOR CLUB
GGMC
PT. GGP Jl. Lintas Timur No. 77 Terbanggi Besar Lampung Tengah
Lampung
200
KOMUNITAS SCOOTER KOTABUMI
KSK
Jl. Jendral Sudirman No.08 Sukun Kota Bumi
Lampung
201
SCOOTER SPIRITUAL CLUB
SSC
Pondok Pest Putri Nurul Huda Pringsewu Tanggamus
Lampung
Huse (0729) 23202
202
SOLOK VESPA CLUB
SVC
Solok Padang
Sumatera Barat
Ken :08126769000 / 081363305152
203
DEMPO SCOOTER CLUB
DSC
Jl. Gunung No. 10 Sidoarjo Pagar Alam Selatan
Sumatera Selatan
0730-624821
204
SIANTAR SCOOTER CLUB
SSC
Jl. Melati Ho. 22 Pematang Siantar
Sumatera Utara
0622-434796
205
PANDEGLANG INDEPENDENT SCOOTER SOCIETY
PISS
JI. T. Pahlawan No. 1 Pandeglang
Banten
Anis: '0811123344
206
SIMPATISAN AUTO SCOOTER
SAS
Jl. Pagelaran Gg. Lingkar RT. 06/03 No.70 Lubang Buaya 13810
Jakarta Timur
Suroso : D8151871801
207
JAKARTA SCOOTER CLUB
JSC
Kp. Bali RT. 16/02 Kelurahan Wjaya Kusuma
Jakarta Barat
Opung : 081319850814
208
SCOOTER SERANG TIMUR CLUB
SSTC
Jl. Raya Serang Km 72 Kp.Citawa RT. 09/02 Ds.Tambak Kec, Kibin Banten 42185
Banten
Kamid : 091381900400
209
SCOOTER ADVENTURE CLUB
SAC
Jl. Prof.M.Yamin Gg.PGA No.44 Pontianak
Kalimantan Barat
Heri Santoso (051)746150
210
SCOOTER ANAK TONGKRONGAN
SATO
Jl. Raya Batujajar No. 72 RT.02/02 Cimareme Padalarang Bandung 40553
Jawa Barat
0815 73749999
211
SCOOTER OWNER JATIWANGI
SOJAT
Jl. Raya Timur Jatiwangi No. 53

Ujang : (0233) 881789
212
ALIANSI VESPA CURUG TANGERANG
ALVECTA
Jl. PLP Curug RT 002/02 Pos I PLP Ds. Serdang Wetan Legok Tangerang
Banten
213
BENGKULU VESPA CLUB
BVC
Jl. Letkol Santoso RT.04 No.1009 Kel. Pasar Melintang
Bengku!u
Hari : 081367787123
214
PELABUHAN RATU VESPA CLUB
PVC
Jl. Bhayangkara KM 2 Kiara Lawang P.Ratu SMI
Banten
Iwan : (0266) 433838
215
SCOOTER RAGUDIG CLUB
SRC
Jl. Serma Muhtar No.20 RT.04/11 Lingkar Perigi Kota Kulon Sumedang
Jawa Barat
85220931726
216
BALIKPAPAN SCOOTER CLUB
BSC
JI. Jend.A.Yani Komp.Pertamina Tanah Abang 267 Balik Papan 76123
Kalimantan Timur
Adi : 08125599996
217
SCOOTER OWNERS CLUB MANIA
SOCM
Jl. Untung Surapati Gg.Mataram No. 53 Labuhan Ratu
Lampung
Mdky : '085269039835
218
MANNA VESPA CLUB
MVC
Jl. KoL Berlian No. 99 RT.9/RW.2 Kel.Kota Medan Manna Bengkulu Selatan
Bengkulu
Hem Suhartono : (0739) 22167
219
MALBOROUH VESPA CLUB
MAVEC
Rawa Makmur RT.02 No. 56
Bengkulu
1. Henda Jaya / Kep +6285268793067
2. Adhi +6285664909701
email : mavec.bengkulu@gmail.com
220
LIWA VESPA MANIA
LVM
Legio Jl. Raden Intan
Lampung
Liwa : (0728)21674
221
VESPA INHIL CLUB
VIC
Indragiri Hilir Jl.Telaga Biru Tembilahan Kab. Inhil
Riau
222
GOMBONG SCOOTER MANIA
GOSMA
Gg. Kepodang No. 517 Gombong
Jawa Tengah
0817 06600076
223
ANCOL VESPA CLUB
AVC
Ancol Tg.Periuk
Jakarta Utara
Endro: 0818904755
224
MAGELANG SCOOTER CLUB
MSC
Tidar Indah III/27 Magelang
Jawa Tengah
0293-311232 / 08122755498
225
IKATAN SCOOTER PURWODADI
ISPO
JI. MH.Thamrin No.2 Purwodadi
Jawa Tengah
0292-424017 / 081325356708
226
BANJARNEGARA SCOOTER CLUB
BSC
Jl. Kauman No.31 Banjarnegara
Jawa Tengah
0286-593688
227
BAHUREKSO SCOOTER MANIA
BASSCOM
Jl Utama Tengah No.215/Toko Arkos Weleri
Jawa Tengah
0294-641161
228
SINDORO SUMBING SCOOTER CLUB
S3C
Jl. Ngadirejo Km 5 Bajangan Baru Parakan
Jawa Tengah
0293-597158/081328400318
229
PALAGAN SCOOTER CLUB
PSC
Rengas RT. 03/06 Tambakboyo Ambarawa
Jawa Tengah
0298-593491/081325171457
230
MAJENANG SCOOTER CLUB
MSC
Jl. Diponegoro No.24 Majenang
Jawa Tengah
0280-621772
231
IKATAN SCOOTER WONOGIRI
ISWI
Jl. Diponegoro No. 12 Bulusuhur Wonogiri
Jawa Tengah
0273-322175/08121504405
232
PAGUYUBAN SCOOTER GENUK
PSG PLUNG
Jl. Padi Raya Bengkel Vespa Pa'Min Genuk Indah Semarang
Jawa Tengah
024-6595606
233
UNNES VESPA OWNERS
UVO
Perc. Krayon Samping Gg Pisang Sekaran Semarang
Jawa Tengah
081 532856483/08 1 57798749
234
KUDUS SCOOTER CLUB
KSC JASECA
Jl Raya Kudus Rudadi Ds.Tanjung Karang Gg.IV/254 Kec. Jati Kudus
Jawa Tengah
0291-434721
235
UNGARAN SCOOTER CLUB
USC
Jl. RA Kartini No. 297 Ungaran
Jawa Tengah
024-6921485/08122992169
236
SCOOTER RONGGOLAWE CEPU
SRC
Jl. Gajah Mada Turibang II No.34 Cepu
Jawa Tengah
81931600421
237
VESPA ORANG GAUL SALATIGA
VOG'S
Jl. Senjaya No.27 Salatiga
Jawa Tengah
08157792431 / 08174165272
238
BENGAWAN VESPA CLUB
BVC
Jl. A. Yani No. 183 Solo
Jawa Tengah
0271-653910 / 08122637305
239
BOJA SCOOTER CLUB
BSC
Jl. Masjid Gede Ho.7 Boja 51381
Jawa Tengah
0294-527739 / 08122538138
240
BOYOLALI SCOOTER CLUB
BSC
Jl. Ponco Budoyo RT 5/2 Pulisen Boyolali
Jawa Tengah
0276-324443
241
BANYUMAS SCOOTER SUDIRMAN
BASSGOM
Jl. Kolonel Sudiyono I No. 389 Purwokerto
Jawa Tengah
242
PAGUYUBAN SCOOTER CLASSIC
PASCA
Jl. Suratmo No. 2 Semarang
Jawa Tengah
081325255131/08122836658
243
GUBUG VESPA CLUB
GVC
Jl. A. Yani No. 30 Gubug
Jawa Tengah
08122 558438
244
IKATAN PRIA NAIK VESPA
INPRINAV
Jl. Purwoyoso 11/25 Ngaliyan Semarang
Jawa Tengah
8155670348
245
VESPA OTOMOTIF CLUB
VOC
Jl. Gatot Subroto No.225 Blora
Jawa Tengah
0296-531754/08164257154
246
BUDAYA PECINTA VESPA SULURSARI
BUDAPVESS
SDN 2 Pelem Kec.Gabus Kab.Grobogan Sulur Sari 5818&3
Jawa Tengah
81575540103
247
MAGELANG SCOOTER RESTRO
MASTER
Jl. Pahlawan No.38 Tegalrejo Magelang
Jawa Tengah
0293, 5505.226/081328891 11C
243
EBONY SCOOTER CLUB
ESC
Jl. Sempati No.08 Birobuli Utama Palu Selatan Sulawesi Tengah
Sulawesi Tengah
Ambotua (0451)488125/081524517265; ?4541 167
249
BONE SCOOTER CLUB
BSC
Jl. Kawerang No.9 Watampone
Sulawesi Selatan
Nur Abidin : (0481)21133
250
SCOOTER OTOMOTIF CLUB 777
SOC
Jl. R.Suprapto Pimatu Kendari/Jl. Nipa Raya I/3 Kendari
Sulawesi Tenggara
Sadikin (0401)329925/0401-393269/085241519577
251
GORONTALO SCOOTER CLUB
GSC
Jl. 23 Januari No.69 Kel.Ipilo Kec.Kota Timur Kota Gorontalo
Sulawesi Utara
Husni Ardi :(0852)4002 1037
252
ROEKOEN SCOOTER MANGOENI
RSM
Hotel Paboa Indah Jl. Meranti No.4 Pakoa Lingkar2 Kec.Tamea Menado 95118
Sulawesi Utara
0813.4010.2235/0813.4037.91
253
SCOOTER BUMIAYU CLUB
SBC
Jl. H.Marzuki No.45 Bumiayu
Jawa Tengah
Anang : 08164282752
254
SCOOTER. INDEPENDENT FAMILY
SIF
Jl. SimpangTiga Rt.01/03 Klapa Gading Wangon
3awa Tengah
Haji : 08122674559
255
SERDANG VESPA CLUB
SVC
Banten
256
VESPA INDPENDENT PANGKEP
VIP
Jl. Penghibur No.33 Mattoangin Pangkafene Pangkep 90617

Junaidi Nedding : (0410) 323172
257
SCOOTER ENGGANG CLUB
SEC
Jl. Ampera Gg. Pelangi, Pontianak
Kalimantan Barat
258
SINJAI VESPA CLUB
svc
Jl. BuluSaraung No.50 Sinjai
Sulawesi Selatan
Agus Mujarab.SH (0482) 21637
259
LOSARI PX CLUB
LPC
Jl. Bhayangkara No. 12 Sungguminasa Goa
Sulawesi Selatan
Azis/Lukman : (0411) 822040
260
JAYAPURA VESPA CLUB
JVC
Jl. Perintis I No.68 Klof kamp Komplek Belakang POM RT.03/VI Gurabesi Jaya Pura
Irian Jaya
M. Rtzal
261
BULUKUMBA SCOOTER CLUB
BSC
Komplek BTN Bonto Kamase Blok. G4/4 Kab. Bulukumba
Sulawesi Selatan






264 Vespa Kelapa Dua Veskada Jl. Danau Kelapa Dua X/10 Tangerang 15811 Tangarang Alpha 0811 9694 422
Sudrun 0813 8067 5981
265 Paguyuban Scooter Jampang PSJ Jl. Surade`Wetan RT 04/02 Desa Sukakarya 43179 Distro Radiasi Samping Paramon
Sapud 0817 751 533
266 Gabungan Element Masyarakat Piaggio Lampung Gempal Jl. KH Hasyim Ashari No. 31 Teluk Betung Balam 35222 Lampung Arief SH 0852 6912 6243
267 Gabungan Hobby Vespa Tangerang Ghovest Jl. Raya Serang Km 35 Jayanti Tangerang 15610 Depan SLTPN 2 Cisoka Tangerang Adis 0812 9876 532
268 Lhok C Ma W Peace Scooter Club LPSC Jl. Listrik Simpang Besi Tua No. 27 Hagu Teungoh Kota Lhok Seumawe NAD M. Fazik 0811 675 626
269 Blangpidie Scooter Klub Black Jl. Trieng Gading No. 32 Kuta Tuha Blang Pidie 23764 Kab. Aceh Barat Daya NAD Arma 0812 6912 005
270 Tebing Tinggi Vespa Club T2VC Jl. Prof Dr Hamka 7c Kota Tebing Tinggi 20621 Sumatera Utara Nazly 0812 6307 4674
271 Scooter Independent Medan Club
Jl. Titi Pahlawan Lingk. 5 Rengas Pulau Gg. Abu Bakar 23 Medan Mareland 20255 Sumatera Utara Syamsuri 0813 7663 3236
272 Tebo Scooter Club TSC Jl. Lintas Tebo Bungo Km 01 RT 02/RW 02 No. 114 Muara Tebo
Firdaus 0744- 21523
273 Pidie Scooter Club PSC Jl. Perintis No. 12 Blang Paseh Sigli Kab. Pidie NAD Wahrizal 0812 6969 682
274 Bogor Scooter Club BSC Jl. A. Yani No. 50 Bogor 16161 Jawa Barat Khaerul 0856 9549 4777
275 Motor Plus Club MPC Jl. Cemara No. 23 Kota Matsum 11 Medan Sumatera Utara Moh Sofyan 061- 7753 3030
276 Vespa Rising Club VRC Jl Perintis Kemerdekaan/ Jl. Lintas Sumatera No. 157 Simpang Kawat Tj Balai Asahan
Jarodin, SE 0812 629 2003
277 Comunitas Vespa Independent Langsa Comvil Jl. Malahayati No. 10/PAV Depan Rutan Benteng Sigli 24119
Ridwan 0852 6296 7193
278 Nayor Scooter Club NSC Jl. Perintis Kemerdekaan No. 288 Cibadak Sukabumi Jawa Barat Jejed 0813 9899 6011, 0266 – 535 900
hostgator coupon